Kode Etik PT Global Tren Indonesia

 

DAFTAR ISI

 

BAB I.     PENDAHULUAN
Pasal 1 Maksud dan Tujuan
Pasal 2. Istilah istilah

BAB II.    MENJADI MEMBER DAN PENSPONSORAN
Pasal 3 Persyaratan menjadi Member
Pasal 4. Pembatalan Keanggotaan
Pasal 5. Tata Cara Penseponsoran Member

BAB III.  HAK, KEWAJIBAN, BATASAN DAN LARANGAN MEMBER
Pasal 6. Hak Hak Member
Pasal 7. Kewajiban Member
Pasal 8. Batasan dan Larangan

BAB IV.   PERATURAN UMUM MEMBER
Pasal 9. Masa Keanggotaan
Pasal 10. Keanggotaan Suami Istri
Pasal 11. Ahli Waris

BAB V.    HAK DAN KEWAJIBAN PT. GLOBAL TREN INDONESIA
Pasal 12. Hak PT. Global Tren Indonesia
Pasal 13. Kewajiban PT. Global Tren Indonesia
Pasal 14. Pelatihan

BAB VI.   PERATURAN, PEMASARAN DAN PROMOSI
Pasal 15. Pembelian Produk
Pasal 16. Stockist
Pasal 17. Jaminan Mutu
Pasal 18. Promosi

BAB VII. BONUS DAN PAJAK
Pasal 19. Pembayaran Bonus
Pasal 20. Pajak

BAB VIII. JAMINAN PEMBELIAN KEMBALI
Pasal 21. Jaminan Pembelian Kembali

BAB IX .  PERSELIHAN , PELANGGARAN DAN SANKSI
Pasal 22. Perselisihan
Pasal 23. Pelanggaran dan Sanksi

BAB X.    PENUTUP

 

BAB I
PENDAHULUAN

 Pasal 1
Maksud dan Tujuan

  1. Mengatur dan melindungi kepentingan hukum member dari tindakan pihak lain yang berakibat merugikan Member atau PT. Global Tren Indonesia.
  2. Menegaskan hubungan antara PT. Global Tren Indonesia dengan Member.
  3. Menegaskan hubungan antara Member demi terciptanya kerukunan antara Member.
  4. Menjaga dan melindungi kepentingan semua Member yang bergabung dalam jaringan dari PT. Global Tren Indonesia.
  5. Memberikan kesempatan yang sama dalam sistem usaha bagi semua Member.
  6. Menjelaskan hak, tanggung jawab dan kewajiban para Member dalam menjalankan usahannya.
  7. Untuk meningkatkan kesadaran dan memberikan petunjuk bagi PT, Global Tren Indonesia, Member dan Konsumen mengenai Etika PT. Global Tren Indonesia ketika memacahkan masalah.
  8. Untuk menciptakan kerangka kerja dan pedoman bagi perilaku etika yang disyaratkan untuk setiap individu yang terkait dengan PT. Global Tren Indonesia.

 

Pasal 2
Istilah – istilah

Istilah dan pengertian yang dipergunakan dalam peraturan Member dan kode etik PT. Global Tren Indonesia :

  1. Perusahaan adalah PT. Global Tren Indonesia yang berkedudukan di Bekasi.
  2. Member adalah anggota mandiri jaringan pemasaran atau penjualan yang berbentuk perseorangan dan telah mendapatkan persetujuan dari PT. Global Tren Indonesia untuk menjadi Member melalui ajakan sponsor.
  3. Produk dagangan adalah jenis barang yang diperdagangkan oleh PT. Global Tren Indonesia.
  4. Sponsor adalah Member yang melakukan perekrutan dan mensponsori member lainnya .
  5. Bonus adalah imbalan yang diberikan oleh PT. Global Tren Indonesia.
  6. Marketing Plan adalah program pemasaran yang dibuat oleh PT. Global Tren Indonesia untuk mengatur perhitungan komisi, bonus atau keuntungan lainnya sesuai dengan jumlah yang akan dicapai oleh Member dalam memasarkan produk.

 

BAB II
MENJADI MEMBER DAN PENSPONSORAN

 Pasal 3
Persyaratan Menjadi Member

  1. Setiap individu minimal berumur 18 (delapan belas) tahun dan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Ijin Mengemudi (SIM) atau sudah menikah mempunyai kesempatan untuk menjadi Member, tanpa membeda bedakan jenis kelamin, suku bangsa, golongan dan agama.
  2. Setiap calon member yang ingin mendaftarkan keanggotaannya wajib disponsori oleh seorang Member yang masih aktif, dengan biaya pendaftaran sebesar Rp. 100.000.- mendapat staterkit berbentuk agenda yang berisikan buku panduan marketing plan, contoh produk dan buku kode etik.
  3. Calon Member harus mengisi data sebenar benarnya di formulir pendaftaran sementara, apabila PT. Global Tren Indonesia mendapatkan ketidak benaran dalam formulir tersebut maka PT. Global Tren Indonesia berhak menolak formulir yang diajukan oleh calon Member.
  4. Calon Member hanya diperbolehkan melakukan pendaftaran satu kali, sesuai dengan Kartu Identitas. Apabia PT. Global Tren Indonesia menemukan nama dan atau identitas yang sama maka PT. Global Tren Indonesia akan mengakui pendaftaran calon member terdahulu dan mencabut pendaftaran yang lainnya.
  5. Rekening bank yang didaftarkan pada formulir pendaftaran adalah rekening bank milik calon Member sendiri (bukan milik orang lain) dan rekening bank tersebut masih aktif.
  6. Keanggotalan Member bersifat independen sehingga untuk mengembangkan bisnisnya diperlukan usaha kreatifitas dan biaya pribadi sebagai pengusaha independent.
  7. Mendapatkan persetujuan untuk menjadi Member oleh Manajemen PT. Global Tren Indonesia.

 

Pasal 4
Pembatalan Keanggotaan

  1. Member yang telah terdaftar, diberi kesempatan dalam waktu sepuluh hari (cooling of period) untuk memutuskan menjadi member, atau membatalkan menjadi Member. Bilamana batal maka PT. Global Tren Indonesia akan membeli kembali staterkit beserta produk yang menyertai, dalam kondisi yang baik seperti saat diterima oleh Member pada saat mendaftar.
  2. Keanggotaan yang telah dibatalkan melalui mekanisme cooling off periode ini dapat diajukan kembali oleh member yang bersangkutan paling sedikit 6 (enam) bulan setelah tanggal

 

Pasal 5
Tata cara Pensponsoran Member

  1. Setiap member tidak boleh mensponsori orang yang sudah terdaftar sebagai Member PT. Global Tren Indonesia.
  2. Seorang Member mempunyai hak yang sama dalam melakukan pensponsoran calon Member.

 

BAB III
HAK, KEWAJIBAN, BATASAN DAN LARANGAN MEMBER

 Pasal 6
Hak – Hak Member

  1. Menerima bonus atau komisi atas prestasi yang dilakukan sesuai dengan rancangan Marketing Plan secara, mingguan dan bulanan.
  2. Menerima informasi yang benar dan jelas mengenai identitas PT. Global Tren Indonesia, Produk, Sistem pemasaran dan lainnya untuk memperlancar pengembangan bisnis member.
  3. Memperoleh kesempatan yang sama untuk mengembangkan jaringan usaha yang seluas luasnya diseluruh wilayah Indonesia, baik dalam bentuk perekrutan member baru maupun pemasaran yang ditetapkan oleh PT. Global Tren Indonesia.
  4. Setiap Member berhak untuk mengikuti kegiatan kegiatan PT. Global Tren Indonesia serta berhak mendapatkan informasi yang berkaitan dengan keanggotaan sebagai member.
  5. Setiap member berhak mengikuti program pembinaan dari PT. Global Tren Indonesia.

 

Pasal 7
Kewajiban Member

  1. Mempelajari dan memahami dan mematuhi kode etik dan peraturan PT. Global Tren Indonesia dan informasi lain yang diberikan oleh PT. Global Tren Indonesia.
  2. Mematuhi segala peraturan yang ditetapkan PT. Global Tren Indonesia dan bekerja untuk mengembangkan usahanya sesuai dengan ketentuan ketentuan yang ditetapkan PT. Global Tren Indonesia.
  3. Dalam melaksanakan bisnisnya, member wajib menjaga nama baik PT. Global Tren Indonesia.
  4. Mengembangkan hubungan yang harmonis antar member baik dalam jaringannya sendiri maupun diluar jaringannya dengan PT. Global Tren Indonesia.
  5. Memberikan keterangan kepada konsumen atau calon member dengan informasi yang benar dan jelas segala sesuatu yang berkaitan dengan bidang usaha PT. Global Tren Indonesia, system Marketing Plan PT. Global Tren Indonesia dan manfaat produk PT. Global Tren Indonesia.
  6. Setiap member wajib membantu dan membina member yang ada dijaringannya dengan cara yang adil, yang tidak bertentangan dengan kaidah kaidah kode etik PT. Global Tren Indonesia.
  7. Setiap member harus mematuhi segala ketentuan dan etika dalam menyampaikan keluhan kepada PT. Global Tren Indonesia.
  8. Setiap member wajib mematuhi ketentuan yang dikeluarkan pemerintah terkait perpajakan.

 

Pasal 8
Batasan dan Larangan

  1. Member dilarang menjual produk dibawah harga yang telah ditetapkan oleh PT. Global Tren Indonesia.
  2. Setiap member tidak dibolehkan melakukan kegiatan penjualan produk PT. Global Tren Indonesia di Toko, apotek, atau gerai retail lainnya
  3. Member tidak dibenarkan menjual produk PT. Global Tren Indonesia di Market place seperti Tokopedia, Bukalapak, shopee dan media online sejenisnya.
  4. Member tidak dibenarkan menjual produk produk PT. Global Tren Indonesia yang telah kadaluwarsa, kemasan produk rusak sebagian atau seluruhnya
  5. Member tidak dibenarkan mengganti kemasan produk PT. Global Tren Indonesia dan menjualnya kepada konsumen.
  6. Member adalah pihak yang berdiri sendiri, bertanggung jawab penuh atas seluruh kegiatan usahanya dan merupakan member PT. Global Tren Indonesia sehingga tidak dapat dan tidak diizinkan menyatakan dirinya adalah sfaff / pegawai PT. Global Tren Indonesia.
  7. Member tidak diperbolehkan menggunakan/ melakukan tindakan atas nama PT. Global Tren Indonesia untuk kepentingan yang akan merugikan PT. Global Tren Indonesia atau pihak lain.
  8. Member tidak diperbolehkan melakukan praktek perekrutan dan penjualan yang tidak sesuai Marketing Plan
  9. Member tidak diperbolehkan menyebarkan informasi yang tidak benar berkaitan dengan PT. Global Tren Indonesia.
  10. Member tidak dibenarkan menyatakan bahwa dia ataupun orang lain mempunyai hak monopoli penjualan atas suatu wilayah tertentu.
  11. Member tidak dibenarkan memproduksi, menggunakan atau memasang nama, logo, dan atribut lainnya dari PT. Global Tren Indonesia dalam materi bahan cetak, surat surat pribadi maupun selebaran kecuali telah mendapatkan izin dari PT. Global tren Indonesia.

  

BAB IV
PERATURAN UMUM MEMBER

 Pasal 9
Masa Keanggotaan

  1. Keanggotaan Member berlaku setahun dan dapat diperbaharui secara otomatis dengan belanja satu buah produk dalam masa aktif keanggotaan. Jika tidak melakukan perpanjangan, maka status keanggotaannya akan dibatalkan secara otomatis.

 

Pasal 10
Keanggotaan Suami Istri

  1. Apabila diantara dua member memutuskan untuk menikah, maka masing masing diperbolehkan tetap berada dijaringan semula, seperti sebelum mereka menikah atau memutuskan pihak mana yang berhak atas keanggotaan termasud dengan kesepakatan kedua secara tertulis dan disahkan melalui notaris dalam waktu 30 (tiga puluh) hari setelah proses pernikahan.
  2. Apabila suami istri ingin mendaftar dan memiliki keanggotaan terpisah, maka masing masing diperbolehkan memiliki nomor keanggotaan yang berbeda tetapi harus berada didalam satu garis keanggotaan.
  3. Apabila terjadi perceraian, maka PT. Global Tren Indonesia memberikan kesempatan kepada suami/istri tersebut memutuskan pihak mana yang berhak atas keanggotaan termaksud dengan kesepakatan keduanya secara tertulis dan disahkan melalui notasris dalam waktu 30 (tigalupuh) hari setelah putusan pengadilan perceraian.

 

Pasal 11
Ahli waris

  1. Member hanya dapat mewariskan hak haknya yang melekat sebagai member kepada ahli warisnya yang sah apabila member yang bersangkutan meninggal dunia.
  2. Ahli waris yang sah diwajibkan memberikan Surat Keterangan Ahli Waris yang ditandatangani oleh Kepala Kelurahan setempat kepada PT. Global Tren Indonesia.
  3. Ahli waris yang sah akan menggantikan keanggotaan member yang meninggal, maka dirinya harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan PT. Global Tren Indonesia antara lain :
  • Melampirkan surat kematian
  • Melampirkan pernyataan dari ahli waris yang lain bila ada, yang isinya berupa persetujuan pewarisan kememberan tersebut yang dilampirkan diatas materai Rp. 6.000 (enam ribu rupiah).
  • Melampirkan fotocopy kartu keluarga terakhir.
  1. Apabila terjadi sengketa oleh pihak lain perihal kewarisan ini maka PT. Global Tren Indonesia akan mengikuti keputusan akhir dari pengadilan. Selama dalam proses penyelesaian sengketa tersebut keanggotaan akan ditangguhkan sementara sampai mendapat keputusan hukum yang tetap dan bonusnya akan ditahan. Akan diberikan dikemudian hari kepada ahli waris yang sah menurut pengadilan.

 

BAB V
HAK DAN KEWAJIBAN GLOBAL TREN INDONESIA

 Pasal 12
Hak PT. Global Tren Indonesia

  1. Menerima formulir pendaftaran Member yang diisi secara jujur dan benar.
  2. Dalam hak menjaga usahanya PT. Global Tren Indonesia berhak atas melakukan tindakan hukum atau sanksi tertentu atas pelanggaran yang dilakukan oleh member membernya dalam menjalankan usahanya yang tidak mematuhi peraturan peraturan yang telah digariskan PT. Global Tren Indonesia.

 

Pasal 13
Kewajiban PT. Global Tren Indonesia

  1. Mejamin pembayaran bonus dan juga komisi, atas usaha yang dilakukan oleh para membernya sesuai dengan yang di ijinkan oleh PT. Global Tren Indonesia yang tercantum dalam marketing plan.
  2. Memberikan informasi yang jelas kepada member secara benar dan jelas tentang usahanya, marketing plan, produk dan lain lain terkait dengan kegiatannya.
  3. Menyediakan produk yang baik dan berkualitas (memenuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku di Indonesia) serta alat alat bantu penjualan yang diperlukan untuk Member dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya.
  4. Global Tren Indonesia dalam melakukan usahanya dan pembinaan member, berkewajiban mematuhi aturan yang mengacu pada ketentuan yang berlaku di Indonesia.

 

Pasal 14
Pelatihan

Perusahaan akan memberikan pelatihan kepada member meliputi :

  1. Pelatihan Product Knowledge, pemahaman atau pengetahuan produk PT. Global Tren Indonesia minimal seminggu sekali.
  2. Business Open Plan untuk menjelaskan peluang usaha PT. Global Tren Indonesia kepada umum dilakukan seminggu sekali.
  3. Pelatihan New Member Training (NMT) bagi member baru PT. Global Tren Indonesia agar bisa mengembangkan usahanya dilakukan sebulan sekali.
  4. Melaksanakan pembinaan untuk membentuk member yang professional.

 

BAB VI
PERATURAN PEMASARAN DAN PROMOSI

 Pasal 15
Pembelian Produk

  1. Pembelian produk dapat dilakukan secara tunai ditempat tempat yang telah ditentukan oleh PT. Global Tren Indonesia antara lain, Kantor Pusat dan Stockist dan / atau dapat dilakukan secara online melalui member site di website resmi Global Tren Indonesia : www.g-tren.co.id .
  2. Global Tren Indonesia menjamin kualitas atas produk yang dipasarkan.
  3. Harga member yang tercantum dalam daftar harga PT. Global Tren Indonesia hanya berlaku dikantor pusat, untuk pembelian diluar itu dapat dikenakan biaya pengiriman.

 

Pasal 16
Stockist

Persyaratan umum menjadi stockist adalah sebagai berikut :

  1. Sudah menjadi member Executive.
  2. Mengisi form pengajuan kepada PT. Global Tren Indonesia.
  3. Bersedia dilakukan survey (jika diperlukan) atau wawancara baik secara tatap muka atau melalui telephon dari perusahaan.
  4. Bersedia memberikan pelayanan kepada semua member walaupun bukan jaringannya.
  5. Untuk setiap stockist wajib menjual barang dengan harga yang sesuai yang ditentukan oleh perusahaan.

Persyaratan menjadi stockist

  1. Tidak sedang atau akan menjadi stockist untuk perusahaan sejenis lainnya.
  2. Memiliki lokasi atau fasilitas tempat yang representative untuk aktivitas penjualan dan pertemuan member.
  3. Menyediakan meja dan rak rak display untuk produk produk dan bersedia memberikan layanan administrasi dan penjualan kepada semua member.
  4. Mempunyai minimal satu orang staff yang dipekerjakan secara penuh untuk menjaga dan menjalankan layanan harian stockist.
  5. Siap melayani komplain produk dan layanan dan juga konsultasi tentang pengembangan jaringan
  6. Bersedia dilibatkan oleh perusahaan dalam acara-acara resmi perusahaan diwilayahnya.
  7. Besaran deposit awal sebagai stockist adalah Rp.50.000.000.- (lima puluh juta rupiah).

Keuntungan stockist

  1. Mendapatkan pembinaan khusus dari perusahaan dalam acara tahunan khusus stockist (semua biaya ditanggung perusahaan).
  2. Mendapat bantuan berupa papan nama standard, alat peraga (brosur, pamplet, flyer) from kwitansi standard dari perusahaan secara berkala.
  3. Mendapatkan seragam khusus dan penanda khusus yang resmi dari perusahaan selama menjalankan proses pelayanan administrasi.
  4. Mendapatkan komisi sebesar 2% dari total pembelanjaan yang dilaporkan setiap bulan.
  5. Mendapatkan informasi lebih awal tentang perkembangan perusahaan.
  6. Dalam setiap kota/kabupaten hanya diijinkan ada 1 stockist.

 

Pasal 17
Jaminan Mutu

  1. Setiap produk PT. Global Tren Indonesia memiliki jaminan kepuasan pelanggan yaitu jaminan pengembalian produk yang dibeli member apabila kualitas dan atau manfaat produk tidak sesuai seperti yang telah dijanjikan dalam waktu 30 (tiga puluh) hari dari tanggal pembelian melalui perusahaan langsung ataupun melalui stockist, produk yang dikembalikan minimal tersisa 50% dengan maksimal 6 (enam) bulan sebelum masa expired date.
  2. Ongkos kirim pengembalian produk dan pengiriman kembali ditanggung oleh member yang bersangkutan.
  3. Jaminan ini tidak berlaku untuk produk yang rusak karena proses pengiriman ekspedisi, dirusak dengan sengaja, disalahgunakan atau disimpan ditempat yang salah (tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku seperti menyimpan produk ditempat yang terkena sinar matahari secara langsung).

 

Pasal 18
Promosi

  1. Setiap member dan konsumen bisa mendapatkan informasi tentang PT. Global Tren Indonesia hanya melalui web resmi PT. Global Tren Indonesia.
  2. Setiap member wajib mengajukan permohonan secara tertulis kepada PT. Global Tren Indonesia yang berkaitan promosi produk ataupun bisnis PT. Global Tren Indonesia di internet/media social. PT. Global Tren Indonesia berhak untuk menolak permohonan yang diajukan oleh member.
  3. Segala macam kegiatan presentasi bisnis dan/ atau demontrasi produk adalah murni tanggung jawab member sebagai pribadi.
  4. Member tidak dibenarkan memberikan penjelasan yang salah mengenai marketing plan Global Tren Indonesia, kandungan, manfaat, cara pemakaian, serta cara penyimpanan dari produk yang dipasarkan PT. Global Tren Indonesia.
  5. Bagi member yang melanggar ketentuan ini maka kepadanya akan diberikan sanksi sesuai dengan kode etik member ini.

 

BAB VII
BONUS DAN PAJAK

 Pasal 19
Pembayaran Bonus

 Pembayaran Bonus :

  1. Bonus Premium : dihitung harian, dibayarkan setiap hari Senin (hari kerja).
  2. Bonus Executive : dihitung setiap tanggal 1, 8, 15, dan 22, dibayarkan setiap hari Senin (hari kerja).
  3. Bonus Belanja RO : dihitung setiap bulan, dibayarkan setiap hari senin minggu pertama (hari kerja) dibulan berikutnya.
  4. Promo Reward diberikan setelah member mencapai target yang telah ditentukan sesuai dengan marketing plan Global Tren Indonesia. Member yang bersangkutan diharuskan melakukan klaim atas reward yang diraih, dan akan dibayarkan paling lambat dalam 7 hari kerja.
  5. Bonus akan dibayarkan kepada member dalam bentuk transfer ke rekening yang didaftarkan oleh member.
  6. Semua biaya yang dibebankan oleh Bank terhadap pengiriman bonus menjadi beban dan tanggung jawab member yang bersangkutan, dimana biaya tersebut akan dipotong langsung dari bonus.
  7. Member dianjurkan untuk mengunduh dan memeriksa bonus statement yang diterimanya dan segera melapor keperusahaan dalam waktu 15 (lima belas) hari dari tanggal dikeluarkannya bonus statement bila ada ketidak sesuaian

 

Pasal 20
Pajak

  1. Penerimaan bonus oleh member dikenakan pajak mengikuti ketentuan perpajakan yang berlaku di Indonesia, dimana setiap member yang mendapatkan bonus akan langsung dipotong pajak penghasilan (PPh) sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku.
  2. Segala kewajiban perpajakan dari seorang member menjadi beban dari tanggung jawab member yang bersangkutan.

 

BAB VIII
JAMINAN PEMBELIAN KEMBALI

 PASAL 21
Jaminan Pembelian Kembali

Member yang mengundurkan / diberhentikan oleh PT. Global Tren Indonesia dapat mengembalikan sisa produk, bahan promosi (brosur, katalog, atau leaflet) dan alat bantu penjualan (staterkit) kepada PT. Global Tren Indonesia dalam kondisi baik dan layak jual. Nilai produk atau bahan promosi dibeli kembali oleh PT. Global Tren Indonesia dari harga Member dan dikenakan potongan biaya administrasi 10% dan biaya setiap manfaat yang telah diterima oleh member berkaitan dengan pembelian produk yang akan dikembalikan

 

BAB IX
PERSELISIHAN, PELANGGARAN DAN SANKSI

 Pasal 22
Perselisihan

  1. Segala perselisihan yang mungkin timbul akan diselesaikan secara musyawarah dan mufakat.
  2. Apabila musyawarah dan mufakat tidak tercapai maka masalah tersebut akan diselesaikan di Pengadilan Negeri Kota Bekasi sesuai dengan hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

 

Pasal 23
Pelanggaran dan Sanksi

Seorang member dapat dikenakan sanksi oleh PT. Global Tren Indonesia apabila melanggar atau menyimpang dari ketentuan yang sudah ditentukan didalam kode etik dan peraturan PT. Global Tren Indonesia.
Sanksi yang diberikan PT. Global Tren Indonesia disesuaikan dengan tingkat pelanggarannya yaitu :

  1. Sanksi Pertama berupa Teguran.
  2. Sanksi Kedua berupa menahan pembayaran bonus.
  3. Sanksi Ke tiga berupa pencabutan kememberan.

Sanksi yang disebutkan pada poin dua tidak harus berurutan, apabila seseorang member dinilai oleh PT. Global Tren Indonesia sudah melewati batas toleransi, yaitu merugikan PT. Global Tren Indonesia dan member lainnya seperti mencemarkan nama baik, berbuat kriminal, penipuan dan sebagainya, maka PT. Global Tren Indonesia berhak langsung mengeluarkan sanksi ke empat yaitu berupa pencabutan keanggotaan .

 

BAB X
PENUTUP

  1. Kode etik dan peraturan PT. Global Tren Indonesia ini berlaku bagi semua member yang terdaftar tanpa kecuali.
  2. Global Tren Indonesia berhak menambah, mengurangi, merubah sebagian atau seluruh kode etik dan peraturan PT. Global Tren Indonesia setelah memperoleh persetujuan dari Kementrian Perdagangan dan instansi terkait lainnya.
  3. Setiap perubahan yang telah disetujui, akan disosialisasikan terlebih dahulu selama 30 (tiga puluh) hari kepada member sebelum diberlakukan.
    Cart